Okapi, Hewan Unik Setengah Jerapah dan Setengah Zebra

 

Sumber: Wikipedia.org

Ada banyak sekali jenis fauna yang ada di dunia ini. Salah satu yang unik adalah Okapi. Hewan berkaki empat ini merupakan hewan yang memiliki kemiripan dengan Jerapah dan Zebra atau bisa kita sebut setengah jerapah dan setengah zebra.


Baca Juga Kerangka di Blitar yang Ditemukan Ternyata Korban Pembunuhan. Terungkap Setelah Dua Tahun


Dikutip dari Kompas, hewan yang sudah langka ini secara genetik lebih dekat kekerabatannya dengan jerapah. Walaupun lebih dekat hubungannya dengan jerapah, hewan ini tidak memiliki leher yang panjang. 


Kemiripannya dengan Zebra, terlihat pada garis-garis putih  yang ada pada kakinya. Garis-garis ini selain memiliki fungsi kamuflase juga sebagai penanda agar mereke mudah menemukan induknya di tengah hutan.                                                                                                                                                                                                                   

Secara fisik Okapi yang sudah dewasa dapat memiliki tinggi hingga 1,7 meter dan berat sekitar 350 kilogram.


Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa Okapi tidak memiliki leher panjang layaknya jerapah karena memiliki habitat yang berbeda dengan jerapah. Jerapah bisa berleher dan berkaki panjang disebabkan makanan yang bisa mereka makan terletak pada tempat yang tinggi (Pohon di sabana).


Sedangkan Okapi bisa ditemukan di hutan hujan Republik Kongo. Mereka memakan dedaunan dari dahan terdeka, serta kayu bakar yang ada di permukaan tanah.


Baca Juga Yudo Andreawan, Pria yang Ditangkap karena Sering Ngamuk di Tempat Umum


Ciri lain dari Okapi adalah sifat pemalunya yang sangat besar. Jika ada organisme asing dia akan lari dan mulai bersembunyi. Hal inilah yang menyebabkan para ilmuan kesulitan untuk menghitung jumlah populasi mereka secara pasti. Namun ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jumlah mereka tidak sampai 5000 ekor di seluruh dunia.


Namun yang bisa dipastikan adalah Okapi termasuk ke dalam spesies yang terancam punah akibat populasinya yang sangat rendah. Beberapa upaya telah dilakukan antara lain menjaga habitatnya untuk tetap ada dan tidak diusik oleh manusia.


Semoga hewan ini bisa terus ada dan bisa disaksikan sampai anak cucu kita nantinya. Mari selamatkan satwa-satwa yang ada.


Baca Juga Pemuda Ini Jadi Pengangguran Karena Hina Presiden Jokowi 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post