Program Pelatihan dan Pengembangan Karir dari Pemerintah

 


Pengangguran adalah masalah yang sangat serius yang dimiliki hampir di setiap negera berkembang tidak terkecuali adalah negara Indonesia. Pengangguran yang sangat tinggi akan membuat negara mundur karena orang-orang di dalamnya tidak bermanfaat sama sekali untuk negara. 


Pemerintah Indonesia sendiri berjuang keras untuk mengentaskan kemiskinan dan juga pengangguran di negara ini untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Salah satunya dengan membuat program pelatihan dan pengembangan karir. 


Program pelatihan dan pengembangan karir ini ditujukan untuk meraih prestasi yang lebih baik di dalam pekerjaannya


Ada beberapa program pemerintah yang populer yang pernah dibuat guna bisa memberikan pelatihan dan pengembangan karir. antara lain:


1. Kartu Prakerja


Program Prakerja dibentuk di masa pemerintahan Jokowi guna memberikan pelatihan dan uang saku kepada para pekerja atau pengangguran di Indonesia. Gelombang pertama dari program ini dibuka pada tanggal 11 April 2020. Selama dibuka yaitu rentang tahun 2020 hingga 2022 total telah ada sekitar 16,4 juta orang yang telah menerima kartu ini.


Tujuan resmi dari dibentuknya kartu prakerja ini adalah untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan


Setiap penerima kartu prakerja harus mengikuti pelatihan yang disediakan di websitenya dan harus lulus untuk bisa mendapatkan insentif sebesar Rp. 600.000 perbulan selama 3 bulan. yang diasumsikan sebagai modal usaha untuk membangun bisinis


2. Pelatihan Kerja Kemnaker


Pemerintah juga menyediakan ribuan pelatihan yang bisa diikuti secara gratis oleh rakyat Indonesia melalui program pelatihan Kemnaker. Anda tinggal mengunjungi webnya https://pelatihan.kemnaker.go.id/ Sehingga bisa mengakses banyak sekali pelatihan secara online.


Jika anda ingin melakukan pelatihan secara offline, anda harus sering-sering membuka website kemnaker untuk mengetahui jadwal pelatihan online di kota anda. Jadwal munculnya pelatihan di kota ini tidak menentu jadi anda harus selalu siap siaga mencari info di website mereka.


Pelatihan kemnaker tidak mengharuskan kamu lulus dalam latihan yang kamu ikuti. Ketika kamu tidak mengerti materi yang dijelaskan, kamu bisa mengulangnya kapanpun kamu mau. Cuma berbeda dengan kartu prakerja disini kamu tidak akan mendapatkan insentif uang.


3. Program Pelatihan Kerja Pemerintah Daerah


Ada lagi beberapa pelatihan kerja yang disponsori oleh pemerintah daerah tingkat kabupaten atau provinsi. Untuk mengetahui adanya pelatihan atau tidak, anda bisa mengunjungi website-website pemerintah daerah dan mencari informasi disana.


Biasanya pelatihan kerja pemerintah daerah ini tidak memungut biaya sedikitpun karena biaya pelatihannya sudah ditanggung oleh pajak daerah.


Itulah ketiga program pelatihan dan pengembangan karr dari pemerintah pusat untuk bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post