Contoh Program Pengembangan Karir di Universitas


Mengembangkan karir untuk bisa menjadi lebih baik adalah hal yang sangat wajib dilakukan oleh setiap orang agar dia bisa bertahan di dunia yang dia sedang geluti. Ini sangat penting mengingat karir adalah hal yang bisa mendatangkan uang untuk keperluan kehidupan sehari-hari.


Pusat pengembangan karir adalah suatu bidang khusus yang dibuat oleh suatu lembaga untuk membantu para anggotanya memiliki skill yang lebih untuk bisa mengembangkan karirnya di dunia kerja.


Banyak sekali contoh program pengembangan karir yang dibuat oleh lembaga-lembaga pendidikan seperti universitas-universitas di Indonesia ini. Hampir setiap universitas pasti memiliki bidang khusus yang menangani hal ini. 


Sebagai contoh beberapa universitas yang memiliki program pengembangan karir adalah sebagai berikut:


1. Pusat Pengembangan Karir Universitas Tanjung Pura (Untan)


Disebutkan dalam website resmi mereka:


 Pusat Pengembangan Karir Universitas Tanjungpura adalah pusat yang didirikan oleh Universitas Tanjungpura di bawah naungan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura yang bertugas memfasilitasi alumni yang sedang mencari kerja untuk kontak dan berhubungan dengan perusahaan/instansi/industri yang membutuhkan tenaga kerja.


Anda bisa mengunjunginya Disini


2. Pusat Pengembangan Karir Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Disebutkan dalam website resmi mereka bahwa: 


Universitas Muhammadiyah Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi dengan jumlah mahasiswa 34 ribu dan rata-rata meluluskan sekitar 5 ribu setiap tahun memiliki tanggungjawab tidak hanya mendidik dan meluluskan saja, tetapi juga mengantarkan lulusan sampai memperoleh pekerjaan baik sebagai job seeker maupun sebagai job creator. 


Dalam mewujudkannya diperlukan penguatan kompetensi softskill dengan memberikan berbagai macam pelatihan, seminar, workshop dan kuliah tamu serta mendekatkan mahasiswa/lulusan dengan dunia usaha/dunia kerja. Dalam mewadahi dan melaksanakan kegiatan tersebut, maka di launching lembaga dengan nama Pengembangan Karir Mahasiswa dan Alumni (PKMA) pada tahun 2009.


Anda bisa mengunjunginya Disini


3. Pusat  Pengembangan Karir Universitas Udayana Bali (Unud)


Disebutkan dalam website mereka: 


Career Development Center (CDC) Universitas Udayana bertujuan untuk menjadi mediator yang baik antara pencari kerja dengan perusahaan/instansi/industri yang sedang membutuhkan tenaga kerja. 


Saat ini CDC- Universitas udayana telah melakukan kerjasa sama dengan beberapa institusi, baik swasta maupun pemerintahan didalam melaksanakan dan menjalankan tugas pokok dan fungsi seperti menginformasikan tentang lowongan karir dan pekerjaan, melakukan pelatihan softskill bagi para mahasiswa dan lulusan, melakukan kampus hearing, rekrutmen karyawan dan in campus recruitment, sosisliasai program secara berksesinambungan, melaknsakan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni.


Anda bisa mengunjunginya Disini


4. Pusat Pengembangan Karir Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Dikutip dari website resmi mereka: 


Pusat Layanan Sertifikasi Kompetensi, Karir, dan Bimbingan Konseling, merupakan salah satu pusat di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) yang terdiri atas unit Layanan Sertifikasi Kompetensi, Karir, dan Bimbingan Konseling. Fungsi pusat antara lain;


(1) Menjalankan fungsi pelayanan dan pengembangan mata kuliah umum dan mata kuliah kependidikan sebagai mata kuliah yang diarahkan bagi pembentukan kepribadian mahasiswa sebagai warga negara dan pembentukan kompetensi mahasiswa sebagai calon-calon tenaga kependidikan.


(2) Membantu civitas akademika dalam pengembangan kepribadian, pengentasan masalah, menyebarkan informasi dan memperisapkan mahasiswa atau alumni memasuki dunia kerja serta pengentasan masalah.


Anda bisa mengunjunginya Disini


5. Pusat Pengembangan Karir Universitas Jember (Unej)


Dikutip dari website resmi:


Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni merupakan lembaga di bawah LP3M Universitas Jember yang melakukan fungsi untuk membekali dan mempertemukan mahasiswa dan lulusan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, meningkatkan keterampilan berwirausaha, dan mendapatkan informasi tentang keberadaan lulusan setelah menyelesaikan pendidikan. 


Pusat ini dipimpin oleh seorang kepala pusat (kapus) dan dibantu oleh anggota fungsional. Kepala Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni dalam melaksanakan tugas bertanggungjawab kepada Ketua LP3M UNEJ. 


Pusat ini mengelola berbagai kegiatan yang berhubungan dengan persiapan pengembangan karir calon alumni, pelaksanaan campus hiring bersama rekanan perusahaan, melaksanakan berbagai pelatihan kepada mahasiswa untuk mengembangkan atribut softskill, dan suksesi tracer study alumni Universitas Jember. 


Pusat ini memiliki komitmen untuk dapat mengantarkan lulusan Universitas Jember untuk dapat memberikan kontribusi terbaik dalam dunia kerja sesuai dengan harapan


Anda dapat mengunjunginya Disini


6. Pusat Pengembangan Karir Universitas Brawijaya (UB)


Dikutip dari website mereka:


Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni (DPKA) sebelumnya bernama Job Placement Center (JPC) yang didirikan pada tahun 1995. Pada tahun 2013, berdasar SK Rektor Nomor : 199/SK/2013 tanggal 24 April 2013 nama JPC diubah menjadi JPC dan Tracer Study. Kemudian pada tahun 2015 berubah nama menjadi Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 188 tahun 2015 tanggal 29 April 2015.


DPKA merupakan unit di Universitas Brawijaya yang bertujuan menjadi pusat informasi dan pelatihan serta pengembangan diri bagi mahasiswa dan alumni dalam memasuki dunia kerja, menjadi penghubung antara Perguruan Tinggi dengan institusi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri (dudi), mempersiapkan mahasiswa dan alumni memiliki wawasan wirausaha, menjadi pusat data dan informasi tracer study universitas Brawijaya.


Anda bisa mengunjunginya Disini


7. Pusat Pengembangan Karir Universitas Airlangga (Unair)


Kutipan dari website mereka:


Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) yang dulu dikenal dengan PPKK UNAIR, merupakan Direktorat dibawah naungan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni yang mempunyai tugas menjembatani antara dunia usaha dengan pencari kerja (alumni).


Anda bisa mengunjunginya Disini


8. Pusat Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB)


Kutipan dari website mereka:


Sub Direktorat Pengembangan Karir atau yang biasa dikenal sebagai Career Development and Assessment (CDA IPB), merupakan sub unit dibawah Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir mempunyai misi salah satunya adalah berupaya mengurangi angka pengangguran di Indonesia.


Anda bisa mengunjunginya Disini


9. Pusat Pengembangan Karir Institut Teknologi Bandung (ITB)


Kutipan dari website mereka:


ITB Career Center adalah kantor yang berada di bawah Direktorat Kemahasiswaan, Institut Teknologi Bandung. ITB Career Center memberi layanan karir bagi mahasiswa dan alumni ITB melalui info lowongan kerja, magang, tips, konseling karir, serta penyelenggaraan Integrated Career Days yang diadakan dua kali setiap tahunnya.  ITB Career Center juga menjembatani para 'experienced jobseeker' dan pihak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga profesional.


Di sisi lain, ITB Career Center memberikan layanan publikasi iklan lowongan kerja dan rekrutmen SDM bagi perusahaan, melalui fasilitas rekrutmen daring (online), penyelenggaraan rekrutmen di kampus, presentasi profil perusahaan, company branding, serta career days khusus bagi perusahaan.


Selain layanan karir, ITB Career Center juga memberikan layanan pengembangan kewirausahaan untuk mahasiswa ITB. Dengan salah satu program yang dikembangkan adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ITB yang rutin diadakan setiap dua kali dalam satu tahun.


Anda bisa mengunjunginya Disini


10. Pusat Pengembangan Karir Institut Sepuluh November (ITS)


Dikutip dari website resmi mereka:


Sejak berdiri hingga saat ini, Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (PK2) ITS telah berperan cukup signifikan bagi ITS secara institusional maupun bagi mahasiswa dan alumni. Data hasil pelacakan alumni dan kerjasama industri dapat dimanfaatkan untuk pengukuran kepuasan pengguna dan digunakan untuk akreditasi institusi. 


Demikian juga dengan layanan psikologi sangat membantu untuk memetakan kondisi awal mahasiswa ITS sehingga dapat didesain proses pendidikan yang tepat selama mahasiswa tersebut berada di ITS. Selain itu bimbingan psikologis dan karir sangat membantu mahasiswa dalam merancang jenjang karir yang ingin dibangun setelah lulus dari ITS.


Anda bisa mengunjunginya Disini


Itulah beberapa contoh program pengembangan karir yang dibuat oleh beberapa universitas-universitas terkemuka di Indonesia kita sebagai pencari kerja apalagi alumni dari universitas-universitas tersebut sangat dianjurkan untuk memanfaatkannya.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post