Vladimir Potanin orang terkaya ke-41 dunia dan Ke-1 di Rusia

Salah satu miliarder Rusia yang cukup terkenal adalah Vladimir Potanin. Vladimir Potanin adalah orang terkaya ke-41 di dunia dan sosok yang sangat akrab dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurut Forbes Real-Time Net Worth,  Vladimir Potanin mempunyai kekayaan bersih sebesar USD23,6 miliar (Rp347,7 triliun). Dengan data ini Vladimir Potanin telah menduduki posisi orang terkaya ke-41 dunia dan orang terkaya di Rusia.


Vladimir Potanin lahir di Moskow pada 3 Januari 1961. Keluarganya termasuk salah satu keluarga komunis yang sangat terpandang dimana ayahnya bekerja sebagai seorang diplomat.


Pada tahun 1978, Vladimir Potanin menempuh pendidikan tinggi di fakultas hubungan ekonomi internasional di Moscow State Institute of International Relations (MGIMO). Fakultas ini didirikan dengan tujuan untuk mendidik mahasiswa agar dapat bekerja di Kementerian Luar Negeri.


Selanjutnya Vladimir Potanin lulus pada tahun 1983 dan sempat bekerja dengan Kementerian Perdagangan Luar Negeri Uni Soviet.Vladimir Potanin akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dari Kementerian Perdagangan Luar Negeri pada tahun 1991 dan memutuskan untuk membangun perusahaan konglomerat Interros Company dengan pengalaman yang ia dapat selama mengabdi di kementerian.


Meskipum Vladimir Potanin dari keluarga konglomerat tetapi dia mendirikan perusahaannya secara mandiri tidak ingin tergantung pada perusahaan orangtuanya Vladimir potanin seperti halnya perusahaan lainnya, di awal membangun perusahaan tersebut dia Hampir bangkrut karena dia belum menemukan strategi yang tepat untuk membangun bisnisnya. Tetapi dia tidak mudah menyerah meskipun dalam kondisi tersebut, Vladimir mencari solusi untuk mengembangkan bisnis tersebut dan belajar dari kesalahannya hingga akhirnya perusahaan itu menjadi maju dan berkembang sampai sekarang.


Selanjutnya dengan kedekatannya dengan pemerintah, Vladimir Potanin juga berhasil mendirikan Onexim Bank yang disebut sebagai raksasa penguasa industri saat itu hingga dia menjadi Presiden United Export Import Bank. Tahun 1995, Vladimir Potanin merupakan orang yang menciptakan sistem lelang pinjam saham yang merupakan dasar fundamental dari reformasi ekonomi pasca runtuhnya Uni Soviet. Pada tahun yang sama juga Vladimir Potanin  mengakuisisi saham Norilsk Nickel selama privatisasi Rusia, hingga saat ini dia memiliki  saham lebih dari sepertiga perusahaan.


Karir politik seorang Vladimir potanin juga meningkat yaitu pada tanggal 14 Agustus 1996 hingga 17 Maret 1997 dia  menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Pertama Federasi Rusia. Hingga bulan Agustus 1998 Vladimir Potanin menjabat sebagai Presiden dan Ketua Dewan Direksi Interros Company yang merupakan salah satu perusahaan konglomerat yang sangat disegani dengan saham besar di pertambangan, logam, energi, keuangan, ritel, real estate, dan sektor lainnya.


Hingga saat ini Vladimir Potanin masih menjabat sebagai presiden Norilsk Nickel, produsen nikel olahan terbesar di dunia. Vladimir Potanin bersama dengan Mikhail Prokhorov telah melakukan perubahan pada Norilsk Nickel di awal 1990-an  dimana mereka menggunakan skema "pinjaman untuk saham". Tahun 2018 Perusahaan tersebut telah menghasilkan laba bersih sebesar USD11,7 miliar atau sekitar Rp163 triliun dan telah menguasai hingga 22% produksi nikel tingkat tinggi dunia dan sekitar 40% dari komoditas paladiumnya.


Tetapi kesuksesan Vladimir Potanin di dunia bisnis berkebalikan dengan perjalanan kehidupan pribadanya. Vladimir Potanin melakukan pernikahan sebanyak dua kali. Pernikahan pertama Vladimir Potanin adalah dengan Natalia Potanina dan dikaruniai tiga orang anak tetapi mereka bercerai pada tahun 2014. Setelah bercerai, Vladimir Potanin menikah untuk kedua kalinya dengan Ekaterina.

 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post