Pengalaman Bekerja di Perusahaan Asing MNC

 


Pengalaman seseorang yang bekerja di Perusahaan Multinasional (MNC). Ia bekerja sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap Talent Development, HR. Memulai karirnya di perusahaan MNC milik US, Europe, UK dan kembali lagi ke US.


Perusahaannya bergerak dalam bidang Finansial. Ada lebih dari 50 kantor di Negara berbeda. Di Indonesia sendiri, kantornya berada di salah satu kawasan bisnis di Jakarta. Dari segi kenyamanan kantor, mereka mendesain kantor dengan senyaman mungkin agar karyawan yang bekerja merasa lebih rileks dan tidak berasa bekerja secara "Formal". Ada area lobby yang luas, Cafe untuk tamu atau pengunjung yang disediakan secara gratis. Sudut-sudut ruangan kerjanya pun instagrammable. Di lengkapi juga dengan Multifunction Pantry, dimana karyawan bisa berdiskusi sambil menikmati snack gratis. Tidak lupa juga,ada ruangan bagi karyawan yang suka menyendiri. Mereka memiliki 10 small room untuk maksimal 2 orang karyawan. Tersedia juga area locker bagi karyawan.


Berikut gambaran umum kelebihan bekerja di Perusahaan MNC.

- Compensation Benefit lebih besar daripada perusahaan lokal.

- Ada rewards and Recognition bagi karyawan berprestasi.

- Training di lakukan di Luar Negeri.

- Bisa mengunjungi kantor di negara lain atau bahkan Head Quarter di New York bagi karyawan yang beruntung dan berpreatasi.

- Diversity and Inclusion. Ada sanksi bagi karyawan yang rasis,melecehkan atau merendahkan orang lain.

- Pressure tinggi. Perusahaan asing sangat mengutamakan profit.

- Ada jenjang promosi bagi karyawan bertalenta yang dibutuhkan perusahaan.

- Familiy oriented. Sudah menjadi keharusan HR membuat acara family gathering pertahun dan family goes to office.

- Work life balance. Waktu bekerja digunakan untuk kerja, begitu pun hari libur digunakan untuk istirahat.

- Bonus tahunan sesuai dengan nilai performance tahunan.

- Bekerja dengan SOP yang terbentuk dengan baik.

- Ada Engagement Program bagi karyawan.

- Employee exchange selama satu tahun di beberapa negara Asia Pasifik.

- Learning and Development.


Sedangkan pengalaman pribadi atau pendapatnya mengenai bagaimana ia selama bekerja di Perusahaan MNC. Disana Culture expatriate US mengedepankan self-esteem dan goals oriented. Berinovasi dan Improvisasi menjadi prinsip utama dan sangat terbuka dengan ide-ide baru. Achievement oriented menjadi hal yang lebih penting daripada process oriented. Jadi, mereka tidak terlalu details dengan proses namun lebih kepada hasil. Coaching dan mentoring juga merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Manager kepada bawahan. Hal tersebut sudah biasa terjadi di perusahaan asing.


Begitulah sedikit banyak pemaparannya tentang pengalaman bekerja di Perusahaan Asing. Ia memilih bekerja di MNC bukan karena tidak menyukai perusahaan lokal atau Indonesia. Namun ia berkata karena passion dan goalsnya sudah ke arah tersebut.


Link cerita https://id.quora.com/Apa-rasanya-bekerja-di-perusahaan-asing/answer/Yanuar-4?ch=10&oid=356712369&share=64bab40d&srid=hQ9WyY&target_type=answer

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post