Gadis dengan Kelainan Genetik Tumbuh Janggut. Sampai Susah Dapat Jodoh


Di Inggris terdapat seorang perempuan yang memiliki kondisi fisik berbeda dengan perempuan pada umumnya. Perempuan tersebut bernama Harnaam Kaur. Sejak lahir ia harus menerima kondisi dimana wajahnya tumbuh janggut dan kumis tebal selayaknya laki-laki. Wanita keturunan India yang kini berusia 31 tahun ini harus merasakan pengalaman pahit karena kondisi tubuhnya. Ia pernah di-bully teman sebayanya dan susah mendapatkan pasangan.

 

Apa yang terjadi dengan Harnaam Kaur dalam dunia medis disebut sebagai polycystic ovary syndrome (PCOS). Ini merupakan salah satu kelainan genetik yang langka, hanya dialami 1 dari 1000 kelahiran di dunia. Kelainan ini muncul karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dalam dalam tubuh penderitanya.

 

polycystic ovary syndrome yang dialami Harnaam Kaur membuatnya memiliki penampilan seperti laki-laki. Bahkan ia adalah satu-satunya wanita yang mengidap kelainan tersebut di kota kelahirannya, Slough.

 

Karena berpenampilan berbeda, Harnaam Kaur mendapat ejekan dari teman-temannya disekolah. Bahkan ia sempat berpikir untuk mengakhiri hidup. Berbagai cara telah dicoba olehnya mulai dari memakai krim perontok bulu, hingga melakukan waxing disalon. Rutinitas tersebut telah ia lakukan sejak umurnya 11 tahun. Namun hal tersebut  hanya membuat rambut diwajahnya hilang untuk sementara. Ketika dicukur, rambut diwajahnya malah tumbuh semakin panjang, hitam dan lebat.

 

Meskipun tidak mudah Harnaam Kaur memilih berdamai dengan diri sendiri, ia menerima keadaannya sebagai wanita berjanggut tebal. Ia memilih menjadikan keadaan fisiknya tersebut sebagai energi positif.

 

Pada tahun 2014 lalu nama Harnaam Kaur mulai dikenal publik, setelah salah satu media mempublikasikan kondisinya. Wajah berjanggut Harnaam Kaur ternyata jadi pintu rezeki yang membuatnya mendapat kesempatan menjadi model. Pada tahun 2016 lalu ia menjadi salah satu model pada pagelaran London Fashion Week. Ia juga pernah tampil pada ajang Cosmo India, Teen Vague dan Vague Japan.

 

Harnaam Kaur sudah tak malu lagi dengan kondisinya. Bahkan ia sekarang aktif menjadi pegiat sosial media. Ia kerap membagikan pose dengan janggutnya yang tebal. Harnaam Kaur berharap bisa menjadi inspirasi untuk orang yang mengalami masalah fisik yang sama dengannya.

 

Tercatat hingga kini laman Instagram Harnaam Kaur telah diikuti lebih dari 163.000 orang. Meskipun dulu Dibully, kini banyak orang bersimpati pada dirinya.

 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post