Daftar Phobia Aneh yang Pernah Ada di Dunia


Fobia adalah suatu ketakutan seseorang yang sangat berlebihan terhadap sesuatu. Sesuatu ini dapat berupa benda, makhluk hidup, ataupun keadaan tertentu. Pada beberapa kasus, fobia ini bisa menyebabkan orang yang menderitanya mengalami stress berlebihan, menangis bahkan pingsan.


 Kebanyakan orang memiliki fobia terhadap ular, hantu, kegelapan, dll. Hal ini dianggap fobia yang wajar karena hampir semua orang memilikinya. Namun di dunia ini ada beberapa fobia aneh dan sangat jarang ditemui. Apa saja? Dilansir dari suara.com berikut daftarnya:


1. Xanthophobia (Fobia pada warna kuning)


Siapa diantara kalian yang takut pada warna kuning? mungkin saja tidak ada satupun diantara kalian yang memiliki fobia ini. Seseorang dengan fobia ini akan menghindari segala macam hal yang berwarna kuning. Bahkan emoji yang berwarna kuningpun akan mereka hindari. Sungguh aneh ya.


2. Hexakosioihexekontahexaphobia (Fobia pada angka 666)


Fobia yang sangat unik ini benar-benar ada di dunia. Alasan mereka takut pada angka 666 tidak terjadi secara spontan atau bawaan lahir. Fobia ini lebih dikaitkan karena dogma beberapa agama. Misalkan dalam agama kristen, angka 666 diidentikkan dengan iblis dan kejahatan atau kegiatan anti ksristus. Kebanyakan penderita fobia ini adalah dari latar belakang orang-orang yang memang menjauhi angka 666 karena kepercayaan agama mereka.


3. Chorophobia (Fobia pada tarian)


Menari bagi sebagian orang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bahkan dapat menghilangkan stress. Tapi bagi penderita chorophobia tarian adalah suatu hal yang menakutkan. Penderita ini jelas tidak akan bisa bercita-cita sebagai boyband ataupun girlband. Hehehe


4. Hippopotomonstrosesquipedaliophobia (Fobia pada kata-kata yang panjang)


Sesuai dengan namanya yang panjang, fobia ini takut dan cemas pada kata-kata yang panjang. Entah bagaimana caranya penderita fobia ini jika membaca suatu buku atau artikel? Kemungkinan besar mereka tidak akan naik kelas. Dahulu nama fobia ini adalah sesquipedalophobia namun karena dinilai kurang dicocok digantilah dengan nama yang sekarang.


5. Metrophobia (Fobia pada puisi)


Ada satu lagi fobia yang aneh yaitu fobia pada puisi. Bagi sebagian besar orang, puisi adalah karya seni yang memiliki kedalaman makna yang tinggi sehingga dapat membawa perasaan orang yang mendengarkannya. Namun, bagi penderita metrophobia orang yang membawakan puisi akan terdengar menyeramkan karena dibawakan dengan nada yang lantang dan diberat-beratkan. 


6. Arachibutyrophobia (Fobia pada selai kacang yang menempel diatas mulut)


Fobia ini sungguh unik karena terkhusus pada selai kacang yang menempel diatas mulut. Jadi, jika selai kacang tersebut menempel dibawah mulut itu tidak menyebakan si penderita merasa takut. Begitupun jika penderita memakan selain selai kacang misalnya eskrim, lalu eskrim tersebut menempel di bibir atasnya juga tidak akan membuatnya ketakutan. Konon orang yang memiliki fobia ini akan merasa dirinya menjadi seperti anjing jika ada selai kacang diatas mulutnya. 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post