7 Domain dan Hosting Gratis yang Bisa Kamu Gunakan untuk Bangun Website


Di era sekarang ini banyak juga orang yang suka mencari domain dan hosting gratis untuk membangun websitenya. Pilihan ini dilakukan karena bisa menjadi opsi dalam membangun website agar tidak terlalu banyak mengeluarkan dana. Selain itu, banyak juga yang beralasan karena situs yang akan dibangun baik dengan atau tanpa hosting dan domain  belum tentu menguntungkan.



Memilih domain dan hosting gratis ini tentu memiliki keistimewaan tersendiri saat digunakan. Meskipun di beberapa bagian pada platform tersebut ada berbagai batasannya.


Tidak semua domain dan hosting bisa didapatkan secara gratis. Ada beberapa platform yang menyedia layanan domain dan hosting dan berikut ulasan selengkapnya.


Web dan Hosting Gratis Terbaik untuk Pengembangan Website

Untuk kamu yang ingin mencoba web dan hosting gratisan bisa memilih salah satu platform berikut:


1. Hostinger

Hostinger termasuk salah satu platform anak bangsa yang menyediakan layanan web hosting gratis. Kata gratis ini sebenarnya tidak sepenuhnya 0 persen tetapi ada biayanya. Sehingga dalam setiap layanan yang dinikmati kamu hanya perlu membayar dengan nominal kecil.



Untuk mendapatkan layanan hosting ini, kamu hanya perlu membayar 8.800 rupiah per bulannya. Jumlah tersebut tentu tergolong murah sekali sehingga bisa dianggap gratis. Meski terbilang murah namun layanan hosting dari Hostinger mampu bersaing dengan raksasa web hosting yang berbayar.



Dibalik keunggulan tersebut, platform ini memiliki beberapa kekurangan seperti tidak ada domain gratis. Selain itu, kamu juga tidak bisa melakukan backup harian dari semua postingan di website.


2. Zyro

Zyro lebih banyak dipilih oleh para pengguna karena termasuk platform yang antarmukanya mudah digunakan. Berbagai fitur hosting yang disematkan juga sangat memudahkan. Diantara SSL gratis, penyimpanan & bandwidth 500MB dan berbagai alat-alat SEO.


Selain itu, hosting platform ini juga memiliki banyak koleksi template yang bisa kamu pilih secara gratis. Namun dari sekian fitur yang ada sebenarnya bukan terletak pada penawaran tetapi alat yang ada di Zyro. Salah satunya ada situs ini bisa langsung digunakan dengan alat-alat yang terbilang sempurna.


Salah satu keunggulan dari platform penyedia hosting ini diantaranya ada galeri gambar yang cukup besar. Lalu ada juga bagian dimana kamu bisa langsung membuat logo atau slogan langsung dari situs.


Sedangkan kekurang di platform ini adalah sering terjadi bug dan pada versi gratis juga sering ada iklan. Bentuk kekurangan lain juga ada pada kostumisasi yang terbatas untuk digunakan.  


3. 000Webhost.com

Nama platform hosting satu ini tentu sudah banyak dikenal karena sudah ada sejak satu dekade. Bahkan hingga saat ini masih tetap ada layanan web hosting gratis agar bisa dimanfaatkan bagi mereka yang mau belajar.


Di 000Webhost.com ini kamu tidak perlu membayar sedikit pun alias gratis 100%. Meski hanya gratisan namun fitur hosting yang ada di dalamnya cukup banyak untuk dipilih secara cuma-cuma.


Fitur tersebut diantaranya ada bandwidth 10GB, penyimpanan 1GB, install Wordpress otomatis dan yang lainnya. Fitur di atas tentu bisa terbilang premium tetapi rasa gratisan. Selain itu ada juga template profesional dan web builder yang mudah untuk digunakan.


Sedangkan untuk kekurangannya seperti adanya downtime yang cukup mengerikan. Lalu ada juga kecepatan bandwith yang terkadang melambat dan tidak adanya backup harian di platform tersebut.


4. Wix

Nama Wix sepertinya sudah termasuk web hosting gratis yang sudah sangat populer. Meski terbilang gratis namun fitur yang ditawarkan cukup beragam dan cukup bermanfaat bagi pemilik situs.


Salah satu keunggulannya seperti proses pembuatan web yang terbilang cepat dan tidak perlu mengetahui proses pengkodean. Menariknya situs yang dihasilkan pun juga terlihat professional dan cocok digunakan untuk bisnis. Untuk mendukung proses tersebut, Wix juga menyediakan berbagai template menarik.


Dengan template itu, kamu tinggal drag and drop untuk memindahkan gambar atau yang lainnya ke dalam situs. Bahkan antar muka yang user friendly membuat pengguna bisa dengan buat saat akan membuat situs.


Namun dibalik kekurangan tersebut, platform ini memiliki kekurangan di bagian bandwith dan penyimpanan. Kedua bagian ini terbatas dan tidak ada email yang bisa digunakan secara gratis.


5. Infinity Free

Salah satu web hosting yang terbilang baru saat ini adalah Infinity Free. Meski terbilang baru namun web hosting ini menawarkan berbagai fitur menarik dan tidak terbatas.



Kamu bisa menginstall Wordpress di platform ini dengan mudah dan dapat memilih ribuan tema yang tersedia. Ini tentu cukup bermanfaat dan bisa membuat situs kamu terlihat menakjubkan. Menariknya, di dalam platform ini tidak ada iklan yang ditampilkan.



Lalu keunggulan lain juga adanya penyimpanan dan bandwith yang tidak terbatas plus gratis 10 akun email. Kemudian kamu juga bisa mendapatkan keamanan SSL gratis dana da 400 database MySQL.



Sedangkan untuk kekurangannya seperti performa server yang terbilang terbas. Selain itu dukungan yang disediakan hanya berbatas forum saja dan ini tentu tidak membuat kamu tidak leluasa bertanya saat ada masalah.


6. Awardspace

Untuk kamu yang ingin mencoba web hosting dengan layanan gratis dan fitur mengejutkan bisa memilih Awardspace. Selain itu bentuk pelayanannya pun terbilang memuaskan.


Diantara fitur yang ada di dalamnya seperti penyimpanan sebesar 1GB. Selain itu dukungan yang ada pada web 24 jam non stop. Dengan layanan gratis, kamu juga dapat gratis akun email, domain dan 3 subdomain.


Menariknya adalah proses install Wordpress atau Joomla juga bisa dilakukan dengan sekali klik saja. Ini tentu cukup menguntungkan karena kamu bisa membuat website dalam hitungan menit saja. Saat proses pembuatan, kamu juga tidak tidak akan diganggu iklan sehingga mudah dalam melakukan kustomisasi.


7. Freehostia

Untuk kamu yang ingin membuat website dengan tampilan yang sederhana dan tidak mementingkan fitur maka bisa memilih Freehostia. Meski sederhana namun proses uptime mencapai 99,9% dengan installer 1 klik saja.


Selain itu ada juga template yang bisa dipilih sehingga mempercepat proses pembuatan website. Situs ini juga cocok untuk web bisnis karena di dalamnya tersedia 3 akun email gratis.


Di platform ini kamu bisa add sebanyak 5 domain dan juga 1 akun yang gratisan. Lalu dari segi bandwith cukup besar sekitar 6GB, penyimpanan 250MB dan dukungan layanan 24 jam non stop.


Bentuk kekurangan di platform ini, kamu harus membeli domain sendiri untuk di add di hosting. Selain itu tempat penyimpanan sebanyak 250MB ini tentu terbilang terbatas untuk website toko online atau bisnis.


Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika web hosting gratis ini ada yang full 100% dan perlu membayar. Untuk memilihnya tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan baik bisnis atau yang lainnya.


Untuk web bisnis disarankan memilih yang bandwidth ada penyimpanan yang cukup besar. Namun jika hanya untuk sekedar belajar bisa memilih fitur yang tidak terlalu mengutamakan bandwidth dan penyimpanan

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post