Kamu Fresh Graduate? Begini Cara Cepat Dapat Pekerjaan



Dewasa ini memang zamannya susah dalam mencari pekerjaan. Banyak perusahaan mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman mumpuni dalam bidang yang mereka cari. Perusahaan tidak mau rugi waktu dan biaya untuk menghire orang baru dengan nol pengalaman.


Oleh karena itu tentunya perlu bagi para fresh graduate untuk memiliki rencana dan strategi dalam menghadapi keadaan seperti ini. Lalu bagaimana strategi jitu untuk para fresh graduate bersaing dengan para senior berpengalaman dalam mencari kerja?? Tenang dan tidak perlu terlalu khawatir. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk kalian para fresh graduate untuk cepat dapat kerja

 

1.  Cari tahu tentang bakat atau potensi diri


Banyak dari para fresh garduate yang belum mengetahui potensi yang ada pada dirinya padahal sudah kuliah 4 hingga 5 tahun. Kamu jangan begitu, kamu harus tentukan apa potensimu bahkan klo bisa sebelum lulus. Potensi ini tidak harus selalu sama dengan jurusan kuliahmu. Kamu bisa mengenali potensimu mulai dari apa hobi kamu saat ini. Tentunya dengan menjadikan hobi sebagai pekerjaan maka kamu akan senang melakukannya.

 

2. Buatlah Curriculum vitae (CV) yang baik


Baik disini bukan berarti harus terlihat menarik atau paling warna warni dibandingkan yang lain. Baik disini adalah CV kamu harus terlihat professional, singkat, padat, dan jelas. Para HRD justru malas membaca CV yang terlalu panjang dan membosankan. Kamu bisa mempelajari tentang cara membuat CV yang baik di youtube, website, atau berbagai macam platform pelatihan yang ada saat ini.

 

3. Daftar pekerjaan sebelum lulus


Dengan mendaftar pekerjaan sebelum lulus, kamu akan mempunyai mental yang lebih kuat dibandingkan lulusan lainnya saat mendaftar pekerjaan.  Kamu juga bisa belajar apa saja kekurangan yang harus diperbaiki dari CV yang telah kamu buat agar kedepannya CV kamu bisa lebih menarik perhatian dari perusahaan

 

4. Harus tahu informasi tentang perusahaan yang akan kamu lamar dengan baik


Pada tahapan wawancara biasanya HRD perusahaan akan menanyakan tentang seberapa tahu kamu tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Oleh karena itu kamu wajib hukumnya mencari tahu informasi tentang perusahaan tersebut. Kamu bisa mencari tahu hal tersebut dari website resmi perusahaan atau dari karyawan yang pernah bekerja pada perusahaan tersebut.

 

5. Jangan terlalu idealis


Maksudnya adalah kamu jangan terlalu memilih pekerjaan. Mungkin kamu merasa tidak cocok dengan gaji atau tempat perusahaan yang jauh. Memiliki standard yang tinggi dalam mencari pekerjaan memang bagus. Namun, jika kamu masih Fresh graduate ada baiknya kamu tidak memasang ambisi yang terlalu tinggi. Dimanapun kamu bekerja kamu pasti akan mendapatkan ilmu dan teman baru yang akan membantu kamu untuk meningkatkan kualitas dirimu. Apalagi di zaman sekarang mencari pekerjaan sangat sulit karena banyaknya yang melamar pekerjaan sedangkan perusahaan jumlahnya terbatas.

 

6. Meminta rekomendasi dari Dosenmu


Ada beberapa perusahaan yang biasanya membutuhkan surat rekomendasi dari tenaga ahli untuk bisa menerima seseorang dalam bekerja. Kamu bisa meminta dosen pembimbingmu untuk membuat rekomendasi tersebut agar menambah nilai tambahmu. Apalagi jika dosenmu memiliki jaringan yang luas, bisa saja dia akan merekomendasikanmu untuk bekerja pada koleganya

 

7. Gunakanlah website pencari kerja


Ada banyak sekali website lowongan kerja di internet. Kamu tinggal mendaftar dan terus memantau lowongan pekerjaan yang tersedia. Biasanya juga lowongan pekerjaan yang di posting di website-website tersebut sangat terpercaya dan anti penipuan.

 

Begitulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai fresh graduate agar cepat dapat pekerjaan. Jangan mudah putus asa dan selalu berdoa serta minta restu orang tua agar semua cita-citamu terwujud. Aamiin


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post