10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate untuk Mendapat Pekerjaan

 


Dalam mencari pekerjaan kita wajib memiliki soft skill agar diri kita bisa dilirik oleh HRD. Apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate tentunya kemampuan soft skill adalah yang paling utama karena belum memiliki pengalaman kerja apapun.


Soft skill adalah kemampuan yang berupa keahlian dalam komunikasi, kecerdasan sosial, serta keahlian dalam beradaptasi dengan lingkungan atau dunia yang baru dalam hal ini adalah dunia kerja atau dunia bermasyarakat. Soft skill seringkali diartikan sebagai bakat alami seseorang namun hal tersebut tidaklah benar. Soft skill bisa dilatih dan dapat terus berkembang jika kita mau berusaha meningkatkannya.

 

Lalu soft skill seperti apa yang dibutuhkan oleh para fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan? Inilah 10 soft skill yang wajib dimiliki fresh graduate agar mudah diterima kerja:

 

1. Skill Komunikasi

Komunikasi adalah hal inti dalam dunia kerja. Jika kamu dapat berkomunikasi dengan baik maka kamu akan disenangi banyak orang jika sudah disenangi tentunya mudah bagi kamu untuk melakukan negosiasi bisnis karena pasti banyak orang yang percaya pada dirimu. Komunikasi yang buruk akan menyebakan perusahaan merugi karena apa yang ingin kita sampaikan sulit dimengerti oleh orang lain.

 

Kamu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi kamu dengan beberapa cara antara lain: Jadilah pendengar yang baik, berkatalah dengan artikulasi yang jelas, pahami siapa yang diajak bicara, dll.

 

2. Mampu Bekerjasama dalam Tim

Dalam kebanyakan pekerjaan tentunya akan lebih baik jika dikerjakan bersama-sama agar lebih cepat dan hasilnya maksimal. Untuk mengerjakan secara bersama ini diperlukan sebuah tim. Dalam sebuah tim tentunya akan banyak sekali argumen dan perbedaan belum lagi dalam hal pembagian tugas kerja dimana hal ini pastinya tidak akan memuaskan semua pihak. Maka dari itu kemampuan bekerja sama dalam tim ini sangat dibutuhkan dalam perusahaan.

 

3. Mampu Berfikir Kritis

Berfikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisa suatu informasi atau ide yang di dapat lalu diolah menjadi suatu yang hal bermanfaat bagi perusahaan. Beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kemampuan berfikir kritis adalah kemampuan membandingkan, membuat klasifikasi atau pengelompokan, menerangkan sebab dan akibat, menentukan referensi yang dapat dipercayai, membuat tahapan  secara berurutan dan pada akhirnya membuat prediksi atau ramalan.


4. Mampu Memecahkan Masalah dengan Baik (Problem Solving yang Baik)

Jika kamu sudah bekerja maka kamu akan menemukan banyak sekali masalah. Masalah ini harus bisa diselesaikan secepat mungkin dengan akibat kerugian tidak ada atau kerugian sekecil mungkin. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan ini adalah dengan berlatih memecahkan masalah. Pertama kamu bisa mencari suatu tema umum untuk dijadikan bahan latihan pemecahan masalah. Kedua carilah masalah dalam tema umum yang kamu tentukan tersebut. Ketiga kumpulkanlah data, keterangan, atau informasi untuk memecahkan masalah tersebut. Keempat merumuskan hipotesis atau praduga dan terakhir adalah membuktikan hipotesis yang sudah kamu buat

 

5. Manajemen Waktu

 Salah satu soft skill yang tidak kalah penting adalah kemampuan manajemen waktu. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik maka pekerjaan kamu akan terselesaikan tepat waktu serta mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Perusahaan akan selalu menuntut karyawannya untuk selalu berperforma bagus dalam segala kondisi. Hal tersebut tidak akan bisa diwujudkan jika kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Salah-salah kamu bisa sakit karena bekerja sangat keras tanpa istirahat yang cukup. Jadi mulai sekarang aturlah waktumu agar tidak kaget saat di dunia kerja.

 

6. Kemampuan Berinovasi dan Kreatif

Perusahaan akan selalu membutuhkan ide atau gagasan baru agar bisa terus bertahan dan bersaing dengan para kompetitornya. Maka karena itu perusahaan akan selalu mencari kandidat yang memiliki kemampuan berinovasi yang tinggi.

 

7. Kemampuan Interpersonal yang Baik

Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan menghargai dan menghormati rekan kerja di sekitarmu baik yang jabatannya lebih tinggi ataupun lebih rendah dari kamu. Seseorang yang menghargai orang lain pasti akan dihargai juga sehingga mudah diterima dimanapun orang itu berada. Jangan pernah menyombongkan diri atau bahkan meremehkan orang lain karena itu akan membuat komunikasi kamu dan rekan kerja memburuk dan pada akhirnya akan susah memajukan perusahaan.

 

8. Kemampuan Bekerja Mandiri

Kalau diawal kita harus memiliki kemampuan bekerja dalam tim maka kita juga harus punya kemampuan bekerja sendiri. Tidak jarang dalam suatu perusahaan kita dituntut dapat menyelesaikan pekerjaan sendirian. Hal ini mungkin disebabkan kekurangan orang disebabkan ada pekerjaan lain yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan. Dalam hal ini tentunya kamu harus mampu mem-push dirimu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan rekan kerja yang lain.


9. Kemampuan Leadership (Kepemimpinan)

Pekerjaan sebagai supervisor atau manajer sangat membutuhkan kemampuan ini. Kamu harus bisa memimpin, mengarahkan, dan mengatur orang lain. Kamu harus tegas dalam memutuskan suatu keputusan jangan ragu atau mencla-mencle karena wibawamu akan turun di mata bawahanmu. Kamu juga harus mampu membagi pekerjaan secara adil sesuai kemampuan bawahanmu masing-masing. Jangan terlalu akrab dengan bawahanmu jangan pula terlalu menjauh bersikaplah biasa saja jagalah marwahmu sebagai seorang pemimpin.

 

10. Kemampuan Komputer dan Bahasa Inggris

Dalam dunia kerja saat ini hampir semua pekerjaan terutama yang berkaitan dengan pelaporan dan administrasi telah menggunakan komputer. Maka dari itu kamu wajib memiliki keahlian dalam menjalankan komputer. Minimal kamu bisa menguasi MS Word, Excell, dan Power point. Bahasa inggris juga penting untuk di pelajari karena mayoritas perangkat komputer menggunakan bahasa inggris. Bahasa inggris juga merupakan bahasa internasional sehingga sangat penting untuk dikuasai mengingat semua jurnal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan kebanyakan berbahasa ini dan akan mudah dipelajari jika kita punya memahaminya. Selain itu kita juga bisa mencari ilmu atau pelanggan baru di luar negeri jika kita bisa berbahasa inggris.

 

Begitulah 10 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate untuk Mendapat Pekerjaan. Semoga setelah membaca dan mempraktekkan artikel diatas kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Aamiin..

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post