Alexei Kuzmichev, Dulu Tentara Sekarang Salah Satu Orang Terkaya di Rusia



Negara rusia yang merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia juga melahirkan banyak sekali miliarder yang diakui dunia. Salah satu miliarder terkaya itu adalah Alexei Kuzmichev. Oleh Forbes kekayaannya ditaksir mencapai USD 8.1 miliar atau jika dikonversikan ke rupiah adalah sekitar Rp. 115 Triliun. Tidak berlebihan jika dia disebut sebagai salah satu oligarki yang berpengaruh di negara beruang merah tersebut.


Alexei kuzmichev lahir pada tahun 1962 di Kirov, Rusia. Pada masa mudanya alexei kuzmichev pernah bekerja sebagai tentara yang bertugas sebagai operator radio di daerah perbatasan Soviet-China pada tahun 1980 hingga 1982. Pada saat itu Alexei Kuzmichev juga bergabung dengan partai Komunis yang merupakan salah satu partai terbesar saat itu.


Pada awal tahun 1983 dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai tentara dan memilih fokus untuk kuliah di Institut Baja dan Paduan Moskow. Perpindahan ini awalnya merupakan hal yang berat bagi alexei kuzmichev muda. Namun, dari tempat inilah alexei kuzmichev bertemu dengan dua mitra bisnisnya yaitu Mikhail Fridman dan German Khan yang kelak akan membawanya menjadi salah seorang terkaya di Rusia. Ketiga orang ini akhirnya pada tahun 1988 mengajak Mikhail Alfimov untuk membuat bisnis dengan mendirikan perusahaan Alfa Photo di Rusia.


Perusahaan Alfa Photo dibuat khusus untuk berbisnis dengan melakukan impor bahan kimia foto. selanjutnya Alexei Kuzmichev mendiskusikan dan meyakinkan mitranya untuk melakukan diversifikasi ke bisnis ekspor. Tak disangka perkembangan bisnis yang pesat membuat mereka berencana untuk memulai bisnis baru.  Setelah tiga tahun berlalu yaitu pada tahun 1991 mereka yaitu Alexei Kuzmichev, Mikhail Fridman dan German Khan memulai Alfa Bank yang melakukan kerjasama dengan banyak negara seperti Ukraina, Belarus, Kazakhstan, dan Belanda (Amsterdam Trade Bank). Alfa bank juga dilirik pemerintah Rusia pada saat itu dan akhirnya bekerja sama pada proyek Tyumen Oil.


Beberapa tahun kemudian, Ketiga orang hebat rusia ini membentuk TNK-BP dengan menggabungkannya dengan British Petroleum. Bisnis minyak yang dilakukan oleh TNK-BP telah berkembang begitu pesat sehingga membuatnya menjadi produsen minyak terbesar ketiga Rusia. Alfa Bank pada akhirnya mendapat predikat sebagai bank swasta terbesar di Rusia.


Akhirnya pada tahun 1998 Alexei Kuzmichev dkk mendirikan Alfa Eco. Usaha- usaha yang telah didirikan oleh Alexei Kuzmichev dkk ini kemudian berkembang menjadi Alfa Group Consortium yang kini menjadi grup keuangan terbesar di Rusia.


Disisi lain, Alexie Kuzmichev juga merupakan salah satu pendiri asli dari Grup LetterOne . The LetterOne Group (LetterOne) adalah bisnis investasi internasional yang berbasis di Luksemburg. Perusahaan ini banyak mengerjakan proyek yang terkonsentrasi pada sektor telekomunikasi, teknologi dan energi melalui dua unit bisnis utamanya.


Itulah sedikit kisah dari seorang yang tadinya tentara melompat menjadi seorang pengusaha yang sukses tiada terkira. Oleh karena itu kalian semua yang saat ini bekerja diluar sektor bisnis juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang pengusaha berharta triliunan rupiah seperti Alexie Kuzmichev.


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post