Perjalanan Elon Musk Dari Kecil Hingga Sukses Menjadi Orang Terkaya

 


Elon Musk salah satu orang terkaya di dunia memiliki kisah hidup yang keras dalam perjuangan meraih kesuksesannya saat ini. Nama lengkap CEO tesla dan Space X ini adalah Elon Reeve Musk lahir di Afrika Selatan pada tanggal 28 juni 1971 atau saat ini berumur 50 tahun.


Masa kecil Elon harus dijalani tanpa orang tua yang lengkap karena orang tuanya bercerai pada tahun 1979 saat elon berumur 8 tahun. Elon bersama adiknya Kimbal Musk memilih untuk ikut tinggal bersama ayah mereka.


Pada masa sekolah di Pretoria Afrika Selatan, Elon sering mengalami perundungan oleh teman-temannya. Bahkan dia pernah didorong dari tangga dan terluka parah hingga harus masuk rumah sakit. Perundungan ini disebabkan karena Elon adalah seorang pendiam Introvert yang kutu buku sehingga jarang bergaul dengan teman-temannya.


“Masa kecil saya begitu sulit. Bertahun-tahun saya habiskan waktu dalam fase gelap ini. Bayangkan, seorang yang selalu dikejar-kejar sekumpulan anak brandal yang akan memukulmu. Dari pagi hngga pagi besoknya saya selalu merasa hancur.” Kenang Elon Musk.


Ketertarikan awal Elon pada komputer terjadi pada saat dia berumur 10 tahun. Sejak saat itu elon mulai belajar pemrograman dan pada umur 12 tahun berhasil menciptakan sebuah game yang bernama Blastar dan berhasil menjualnya dengan harga 500 Dollar AS.


Pada saat Elon berumur 17 tahun, dia pindah ke Kanada untuk menjalani bangku perkuliahan di Universitas Queen’s. Saat itu juga, Elon mengganti kewarganegaraannya untuk menghindari wajib militer di Afrika Selatan. Elon berpindah dari Kanada menuju USA pada tahun 1992 untuk belajar bisnis dan fisika di Universitas Pennsylvania. Di tahun 2002 Elon resmi menjadi warga negara USA.


Mendirikan Zip2



Pada saat Elon akan menyelesaikan gelar PhD-nya di Universitas Stanford, tiba-tiba dia keluar dan memfokuskan diri pada duniat internet. Kebetulan saat itu internet lagi Booming di USA. Elon pun mendirikan Zip2 Corporation pada tahun 1995.


Zip2 adalah perusahaan pertama Elon musk beserta saudaranya Kimbal musk dan rekan mereka Gregory Koury. Perusahaan ini menyediakan direktori bisnis atau petunjuk layanan seperti Yellow page pada telepon namun dalam versi internet.


Awal mendirikan Zip2 adalah masa-masa tersulit bagi Elon saat itu. Dia dan saudaranya harus rela tidur di kantor kecil karena tidak mampu membeli apartemen sendiri dan hanya memiliki satu komputer. Elon bertugas untuk mengutak atik Coding pada malam hari selama 7 hari dalam seminggu. Elon bahkan tidak bisa melakukan kegiatan layaknya manusia pada umumnya seperti berpacaran dll. Jika dia memiliki kekasih maka kekasihnya hanya bisa tinggal di kantor kecil itu menemani Elon.


Kesulitan Elon membangun Zip2 pada akhirnya mulai mendapatkan angin segar saat perusahaan Mohr Davidow Ventures menyuntikkan dana sebesar  3 juta dollar AS. Perkembangan yang cukup pesat saat itu menyebabkan Zip2 dibeli oleh Compaq Computer Corp seharga 341 juta dollar AS dan Elon mengantongi 22 juta Dollar AS.


Mendirikan X.com dan Paypal


Hasil uang penjualan Zip2 digunakan oleh Elon untuk mendirikan perusahaan baru yang diberi nama X.com pada tahun 1999. X.com merupakan perusahaan yang memberikan layanan keuangan layaknya bank. Pada tahun selanjutnya, X.com memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan layanan keuangan serupa yaitu confinity karena dianggap memiliki sistem yang lebih mudah dan ini merupakan awal terbentuknya perusahaan besar selanjutnya yaitu Paypal. Pada tahun 2002 bulan oktober paypal secara resmi diakuisisi oleh eBay dengan harga 1,5 milyard dollar AS dan saat itu Elon memegang saham paypal sebesar 11%.


Pembentukan Space X demiwujudkan mimpi luar angkasa



Dengan uang pribadi hasil penjualan paypal pada awal 2002 Elon mendirikan perusahaan Ketiganya yaitu Space Exploration Technologies atau lebih dikenal sebagai Space X. Perusaahaan space X berfokus mengembangkan roket serta misi-misi perjalanan luar angkasa.


Tahun 2008, Space X mendapatkan kontrak dari NASA senilai 1,6 milyard dollar AS untuk mengembang rocket Falcon 1 yang mulai mengorbit pada tahun 2008. Kerja sama ini juga memiliki misi untuk mengirim manusia ke Mars pada tahun 2025.


Selain itu Space X juga mengembangkan internet berbasis satelit pada salah satu unit divisi Space X yaitu Starlink. Starlink didirikan pada tahun 2015 dan targetnya menediakan internet super cepat dengan menggunakan satelit orbit rendah bumi. Nantinya profit yang didapatkan dari starlink akan digunakan untuk mendanai Space X dalam proyek roket mereka.


Ada kisah perjuangan luar biasa Space X dibawah pimpinan Elon saat melakukan uji coba menerbangkan roket. Dikabarkan Space X mengalami 4 klali kegagalan sebelum akhirnya berhasil pada percobaan kelima. Dua kegagalan pertama didapat oleh roket SN8 dan SN9 keduanya jatuh dan meledak saat diluncurkan pada Desember 2020 dan Februari 2021. Selanjutnya SN10 berhasil mendarat namun meledak beberapa menit setelahnya pada 3 Maret. Sedangkan SN11 atau percobaan keempat mengalami ledakan di tengah penerbangan.


Akhirnya pada percobaan kelima yaitu prototipe roket starship mereka berhasil mendarat tanpa ledakan di pangkalan teas USA pada rabu 5 mei 2021. Sungguh perjuangan yang luar biasa. Bayangkan berapa banyak dana yang digunakan untuk peluncuran 5 roket.


Tesla Motor KendaraanListrik Ramah lingkungan Elon Musk



Elon Musk juga merupakan orang yang mencintai lingkunganterutama dalam pengadaan energi bersih dan terbarukan. Hal itu diwijudkan dengan pembentukan perusahaan mobil listrik, Tesla Inc pada tahun 2003. Tidak sendiri Elon mendirikan Tesla bersama dengan Martin Eberhard, Marc Tarpenning, Ian Wright, dan JB Straubel yang berlokasi di Palo Alto, California dimana Elon adalah CEO untuk Tesla hingga saat ini. Mobil Pertama Tesla diberi nama Roadster yang dipublikasikan pada tahun 2006.


Pada tahun 2008, Tesla hampir mengalami kebangkrutan. Saat itu krisis keuangan dan hutang melanda Perusahaan. “Putaran pendanaan bagi tesla berakhir jam 6 sore tanggal 24 Desember 2008. Hari terakhir sebelum gajian dua hari kemudian. Saya memberi tesla sisa uang saya dari paypal. Bahkan tidak memiliki rumah atau apapun yang bisa dijual. Kenang Elon.


Pada saat yang sama perusahaan Elon Space X juga selalu mengalami kegagalan dalam uji coba jenis Falcon 1. Sementara uang elon tinggal 40 juta dollar AS. “Saya dapat menempatkan seluruh sisa uang kepada satu perusahaan, dan perusahaan lainnya akan mati. Atau saya dapat membaginya kepada Tesla dan Space X kemuadia keduanya akan mati.” Ujar Elon, dikutip dari BBC.


Kejadian krisis hingga hampir bangkrut Tesla tidak hanya terjadi pada tahun 2008. Sepuluh tahun kemudian yaitu pada tahun 2018 juga terjadi hal yang sama yaitu saat pembuatan dan penjualan Tesla Model 3 Sedan. “Kami hampir bangkrut hanya dalam waktu sebulan. Pengembangan Model3 menimbulkan stress yang ekstrim dan ssakit hati yang lama. Cuit Elon di akun twitternya.


Namun semua kesulitan itu bisa dilalui dengan perjuangan keras. Elon kini bisa bernafas lega. Ketika Tesla menjual Model 3 tahun 2019 untuk pertama kalinya Tesla mencatatkan laba. Hingga pada kuartal III tahun fiskal 2020 Tesla telah mendapat laba bersih kelima berturut-turut. Sejak saat itu Kapitalisasi pasarnya tumbuh lebih dari 700 persen.


Selain dari perusahaan diatas Elon juga berperan pada beberapa perusahaan lainnya namun bukan sebagai CEO namun tidak menutup kemungkinan kedepannya Elon juga akan menjadi CEO pada perusahaan-perusahaan tersebut. Beberapa Perusahaan tersebut antara lain Solar City, Open AI, Neuralink, The boring Company, dan Hyper Loop.


Demikianlah kisah sukses Elon Musk dalam perjuangannya untuk meraih kesuksesannya hingga saat ini.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post