Tips Mencari Pekerjaan Secara Umum

 

Pekerjaan adalah salah satu hal yang paling penting bagi manusia di seluruh dunia. Tanpa bekerja kita tidak bisa mendapatkan uang untuk membeli makanan dan tanpa makanan kita bisa mati kelaparan. Jadi memiliki pekerjaan adalah hal yang wajib kita punya agar kita bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jutaan orang setiap harinya berusaha untuk mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan itu gampang-gampang susah terkadang juga tergantung rezeki seseorang. Namun, ada beberapa tips agar kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu lamar. Apa saja tips-tips yang bisa memudahkan kita untuk mendapatkan kerja??? Silahkan baca point-point berikut:

1. Cari pekerjaan yang sesuai keahlian dan pengalaman kamu

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu akan membuat kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima. Hal ini karena kamu sudah menguasai seluk beluk pekerjaan yang akan dilamar sehingga tidak akan merepotkan perusahaan untuk mengajarimu lagi. Dengan demikian perusahaan akan lebih cepat mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kriteria mereka

2. Cari pekerjaan yang membuka banyak lowongan

Peluang kamu akan semakin besar untuk mendapatkan pekerjaan jika pekerjaan itu membuka jumlah lowongan yang besar. Jika kamu ingin segera memiliki pekerjaan tanpa terlalu berfokus pada pekerjaan impian kamu maka kamu bisa memilih lowongan pekerjaan seperti ini.

3. Bekerja dan berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan

Kamu harus benar-benar siap dengan semua kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat kamu melamar. Misal perusahaan membutuhkan seorang yang ahli dalam bahasa inggris maka kamu harus berjuang untuk bisa menguasai bahasa inggris dengan baik. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi interview kerja. Kamu harus belajar bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan HRD dengan tepat sehingga peluang kamu untuk diterima semakin besar

4. Berpakaian rapi namun tidak melampaui batas

Perusahaan juga akan menilai cara berpakaian kamu saat kamu melamar kerja. Beberapa HRD biasanya dapat menduga karakter seseorang hanya melalui pakaian mereka. Jika kamu berpakaian rapi maka setidaknya kamu akan dianggap orang yang memiliki karakter disiplin, bersih, perfeksionis dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi sehingga kamu berpeluang besar untuk bisa diterima di perusahaan tersebut.

5. Bersikap tenang

Jangan gugup bersikaplah tenang karena jika kamu gugup itu akan membuyarkan semua konsentrasi kamu untuk melewati semua tes yang diberikan perusahaan. Gugup juga akan sangat menentukan saat berada pada tahap interview atau wawancara. Saat wawancara setiap perkataan kamu akan dinilai oleh karena itu kamu harus menjawab dengan jelas. Perasaan gugup mungkin akan menyebabkan kamu menjawab pertanyaan dengan tidak jelas dan kacau.

6. Berdoa

Berdoa adalah salah satu usaha kita untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Semua rezeki yang kita terima adalah berasal dari Tuhan semesta alam. Jadi, jika kita sedang melamar kerja jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhanmu.

Itulah beberapa 6 tips singkat bagaimana agar kamu bisa memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Selamat mencoba dan semoga sukses. Aamiin

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post