Kisah Hidup Samuel Walton Pendiri Walmart

 


Samuel Moore walton, Dia adalah sosok dibalik salah satu perusahan terkemuka di Amerika yaitu walmart. Walmart adalah salah satu jaringan supermarket terbesar di negeri paman sam tersebut. Sebelum akhirnya walmart sebesar sekarang, walmart awalnya merupakan toko kelontong kecil. Dimasa akhir hidup sam walton pada tahun 1992 saja kekayaan yang didapatkan walton mencapai sekitar US$ 23 Milliar dari walmart ini.


Tidak banyak orang tahu masa hidup walton sebelum menjadi orang kaya adalah sangat susah. Walton terlahir dari keluarga yang peternak miskin di Oklahoma. Sejak kecil, Walton mengurusi peternakan sapi perah milik keluarganya sekaligus mengantarkan susu hasil perahannya kepada para pelanggan.


Kebutuhan ekonomi yang besar membuat Walton berusaha mencari pemasukan lain untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Pada suatu masa Walton sempat melakukan pekerjaan sebagai loper koran dan majalah sambil mengantarkan susu setiap hari.


Pada saat kuliah, hidup Walton masih belum terlihat membaik. Di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa, Walton muda masih harus bekerja sebagai pelayan restoran atau kafe untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Hal itu dilakukan Walton hingga lulus kuliah karena sangat jarang sekali keluarganya mengirikan uang kepadanya.


Saat umurnya mencapai usia 26 tahun, benih-benih kesuksesannya mulai terlihat. Saat itu Walton meminjam uang kepada ayahnya sebesar US$ 25.000 dan menggunakan sisa tabungannya sebesar US$ 5000 untuk membeli sebuah toko kelontong yang hampir bangkrut. Tidak ada yang menyangka toko yang hampir gulung tikar ini adalah cikal bakal terbentuknya suatu jaringan bisnis besar Walmart di kemudian hari.


Selang beberapa tahun saja Walmart menjadi semakin sukses dibawah kepemimpinan Walton dan pada tahun 1970, Walmart membuat sahamnya sendiri dan menjualnya ke publik dan mendapatkan dana sebesar US$ 5 juta. Uang tersebut digunakan Walton untuk membangun 6 buah toko lagi dan membuat pusat distribusi perusahaan yang pertama. Selanjutnya pada tahun yang sama Walmart membangun 452 toko dan pada tahun berikutnya yaitu tahun 1980an membangung 1237 toko diseluruh Amerika.


Prestasi sangat memuaskan bagi Walmart adalah pada tahun 1991 yaitu menyalip omzet penjualan dari perusahaan supermarket ternama lainnya yaitu Sears. Saat itu Walmart berhasil mencetak Omzet hingga US$ 32,6 milyar unggul US$ 0,6 milyard dibandingkan Sears yang hanya mencetak US$ 32 milyard.


Setelah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, kepribadian walton masih sama seperti dahulu yaitu sangat sederhana. Dikabarkan Walton masih suka bekerja keras bangun pagi dan makan bersama para karyawannya tanpa melihat perbedaan status mereka. Pernah juga Walton menutupi bolong yang ada di sepatunya dengan menggunakan kardus padahal dia bisa membeli mobil limusin kapan saja.


Begitulah kisah inspiratif dari Sam Walton seorang yang awalnya miskin dan menjadi kaya karena menjadi pengusaha ritel besar di Amerika. Semoga kisah ini bisa menginsirasi semua yang membaca agar tidak mudah putus asa dengan keadaan ekonomi yang mungkin sekarang lagi susah.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post